Selayang Pandang AKBP Airlangga Kepala BNNK Bersama Satgas TMMD 120 Kodim 0404/ Muara Enim

MUARA ENIM - Bertempat di balai desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan telah digelar kegiatan penyuluhan dan deteksi dini pencegahan penyalahgunaan narkoba bersama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Muara Enim dan satgas TMMD 120 Kodim 0404/muara enim (Selasa,21/5/2024)
Dihadiri juga  Kasdim 0404 Muara Enim , Mayor Cke Jauhari, Kades Sidomulyo, Alfiansyah  dan stafnya , BPD desa dan para peserta kegiatan sosial sosialisasi dan masyarakat sekitar.

Dalam paparannya , Kepala BNNK Kabupaten Muara Enim , AKBP Airlangga menyampaikan perlunya sistem cegah dini dalam menangkal peredaran penyebaran narkoba , termasuk pada level pedesaan.


" Acara sosialisasi ini merupakan salah satu pemberdayaan masyarakat yang nantinya diharapkan mampu untuk menangkal bahaya narkoba pada level pedesaan dan untuk itu peran aktif kita semua dalam usaha cegah dini dalam pemberantasan narkoba bisa maksimal," Sebut AKBP Airlangga.



 Diketahui , Sejak dilantik sebagai kepala BNN Kabupaten Muara Enim sejak  2 April 2024 menggantikan pejabat sebelumnya AKBP Irzan Haryono, AKBP Airlangga dikenal aktif dalam mewujudkan sinergitas termasuk dengan stakeholder pemerintah daerah dan institusi pendukung lainnya.




" Kegiatan  ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita semua tentunya dan seluruh warga semuanya, Bagaimana meminimalisir dari bahaya narkoba ini kita banyak melihat di media sosial media cetak Media elektronik dan sebagainya banyak tentang upaya-upaya pencegahan maupun pemberantasan narkoba ini yang dilakukan baik oleh Polri maupun dari BNN namun ini namanya bahaya narkoba ini yang dilihat permukaan hanya sedikit yang dibawa masih lebih banyak efek sistemik yang akan kita hadapi," bebernya.



Sebagai ilustrasi , Dari sejumlah kasus yang sedang ditangani maupun yang sudah inkrah berupa penetapan sebagai penahanan pada  Lapas Kabupaten Muara Enim bahwa dari  sekitar 1200 orang narapidana 1200 itu sekitar 65% pidananya narkoba dan sekitar 700 lebih narkoba narapidana ini yang terindikasi pada lapisan masyarakat umum.

"Oleh karena itu lebih baik  mencegah dan memotong siklus mata rantai penyebaran narkoba di khususnya di level desa dan juga kami himbau agar warga
Desa Sidomulyo dan warga masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk  membentengi diri agar terhindar dari permasalahan penyalahgunaan narkoba," Lanjut Airlangga.



Berangkat dari hal demikian,beberapa kegiatan positif yang bisa sebagai cegah tangkal salah satunya adalah ceramah keagamaan.

 " Artinya peran aktif masyarakat sangat diharapkan , seperti juga peran eksekutif dan yudikatif bidang penegakan hukumnya,kalau kita tidak peduli dari sekarang siapa lagi kalau bukan sekarang,Kapan lagi kita mau peduli apa kita menunggu harus ini kehilangan generasi kita dimasa berikutnya ," pungkas AKBP Airlangga yang ketika kegiatan berlangsung juga didampingi narasumber, Muhammad Nizar,S.Ag.