Keberhasilan KADES, Talang balai Realisasikan Dana ketahan pangan 2022

MUARA ENIM _ Berbekal lahan pinjaman sebuah, warga Desa Talang balai kecamatan Belida darat, Kabupaten Muara Enim, tetap produktif meski di Musim Panas Tanah seluas dua hektare itu disulap warga menjadi kebun jaheh dan pertenakan hewan sapi.


"kepala desa Talang balai, (Mulyanto) mengungkapkan Manfaat Hasil Kebun jahe pada Tahun 2022 sudah panen, walau hasilnya tidak sampai 100%.


Kami juga saat ini sedang menaanam semangka, Ada juga kemarin ada cabai, juga." Ucapnya.




Di tempat terpisah kepala desa Lubuk semantung, Heriyadi juga menambahkan

" tingkat keberhasilan Realisasi, ketahanan pangan di Desa yang di Pimpinnya saat ini,  berupa hewan dan perkebunan, dari lahan sewa. 



" Hasil kebun yang sudah kami realisasikan melalui warga sedikit tidak memuaskan berhubung cuaca, pada tahun 2023 di terpa cuaca panas dan kemarau." Ujarnya.



Heriyadi, juga membantah kalau ada kabar  kalau dana ketahan pengan lubuk semantung tidak teralisasi, karena saya sudah berapa kali di lakukan pemeriksaan oleh ApiV/ Inspektorat kabupaten muara enim " Ujarnya.



Senadah Ketua Forum kepala desa kecamatan Belida darat. Mulyanto , Membantah, dengan ada berita kalau ada kepala desa belum meralisasikan dana ketahanan pangan.



"Saya Ketua Forum kepala desa di kecamatan Belida darat, Kabupaten Muara Enim, dalam kesempatan ini membantah kalau ada isu,  kepala desa yang saya pimpin ini belum meralisasikan semuanya sudah saya cek ke kepala desa masing semuanya sudah realisasikan. Saya siap di periksa kalau itu benar karena Dana katanan pangan desa saya ada bukti fisik baik hewan mau perkebunan ."Ucapnya.

Reporter | Andri Kurniawan.