Diduga Proyek Siluman Tanpa Papan Informasi Di Jalan Desa modong - Suka Rame

MUARA ENIM _ Diduga proyek Jalan, Kabupaten, Desa Modong Menuju desa Suka Rami kecamtan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, siluman tanpa papan informasi, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek.



Baik memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.


“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” Ujar salah seorang warga setempat yang enggan disebut namanya.





Pasalnya, pekerjaan proyek pembangunan jalan di lokasi Desa Modong - Desa Suka Rami  Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Pembangunan tersebut mulai disoroti oleh beberapa aktivis dan para awak media yang melintas dari lokasi pembangunan.




Pekerjaan proyek yang sedang berjalan sudah hampir selesai Selasa 12/12/2023 namun tanpa papan nama proyek. Hal inilah yang menjadi sorotan bagi awak media bahwa pekerjaan pembangunan jalan tersebut, ini dinilai proyek “SILUMAN” karena sama sekali tidak adanya terpasang papan nama informasi proyek saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.




Menurut Ari selaku pengawas proyek jalan tersebut, saat di temui di desa Danau rata, mengatakan,  proyek ini di kerjakan oleh PT GAJAHMADA yang Poolnya di talang taling sudah bekerja dua hari ini di desa danau rata.




"Kami baru bekerja dua hari yang mengerjakan proyek ini PT GAJAHMADA, Poolnya dari desa talang taling terkait papan proyek masih di Palembang,"Ucap Ari kepada Wartawan.



Menyikapi hal tersebut toko masyarakat sekaligus Mantan ketua  BPD desa danau rata., yang saat ini sebagai kaparwil Sumsel Media online 'Umar Dani, memberikan komentar terkait papan informasi tidak di pasang pada saat ada pelaksaan proyek menggunakan uang negara.



"Saya harap pemerintah daerah Muara Enim, juga OPD terkait agar bisa menegur pihak kontraktor yang mengerjakan jalan ini, kami juga berharap pembangunan jalan ini sesuai spesfikasi artinya sesuai harapan kita bersama, jangan sampai uang dari masyarakat yang di bangunkan di jalan ini masyarakat menjadi kecewa ucapnya.

(Tim)