Tinjau Longsor di Sungai Rotan, Pj. Bupati Segera Siapkan Trase Jalan Baru

Muara Enim | Menerima laporan masyarakat atas kondisi ruas jalan di Desa Kasai Kecamatan Sungai Rotan yang longsor akibat tingginya curah hujan dan terjangan air dari Sungai Lematang yang mengenai dinding penahan jalan, Minggu pagi (05/11) Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., turun langsung ke lapangan melihat kondisi terkini dari jalan yang rusak tersebut. Atas kondisi itu Pj. Bupati yang hadir bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Muara Enim, Hadiono, S.H., segera mengambil langkah cepat mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan membuat jalan darurat untuk akses sementara warga dan secepatnya akan membangun trase jalan baru yang menggunakan dana APBDP tahun 2023.


Dalam tinjauannya Pj. Bupati didampingi Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. H. Ahmad Yani Heriyanto, M.M., serta Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Suhermansyah, S.T., M.Eng., CGCAE., berterimakasih atas upaya cepat pemerintah setempat dan warga sekitar yang telah menginformasikan bencana longsor tersebut untuk ditindaklanjuti segera. Selanjutnya dirinya menginstruksikan perangkat daerah yang hadir untuk mengkoordinasikan dan menindaklanjuti rencana pembangunan trase jalan baru tersebut, agar akses jalan yang juga menghubungkan Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin dengan wilayah Kabupaten Muara Enim ini dapat segera dilewati.
.
Lebih lanjut Pj. Bupati didampingi Plt. Camat Sungai Rotan, Ir. Irhamnah, S.Ag., M.M. menghimbau warga untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada dalam menghadapi perubahan cuaca ekstrem yang mungkin sewaktu-waktu dapat terjadi, dan juga meminta masyarakat menginformasikan kepada pemerintah setempat apabila mendapati kondisi bencana ataupun hal lainnya. Lebih lanjut dirinya memohon doa dan dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat agar rencana pembangunan trase jalan baru yang ditargetkan akan selesai dalam 2 bulan kedepan ini dapat berjalan lancar tanpa halangan apapun.

Wakil Ketua DPRD Hadiono.SH juga Menambahkan, " Terkait pernyataan Pj. Bupati yang akan membangun terase jalan baru menggunakan dana abt 2023, kami dari DPRD sangat mendukung dan sepakat, karena kebenaran sudah di anggarkan Overley ruas jalan Sukarami - Muara Lematang Senilai 8 Milyar sepakat untuk di alihkan sebagian kecil dari dana 8 Milyr tersebut untuk membangun jalan baru sekitar 300 Meter sampai pengerasan saja. Karena yang namanya jalan timbunan belum bisa langsung di cor beton."Ucapnya.
Reporter | Andri Kurniawan.