AKSI DEMO WARGA SUKA DANA KE PT R6B TUNTUT KEMBALIKAN WILYAH DESA

MUARA ENIM_Ratusan warga Desa Suka Dana Kecamatan  Sungai Rotan Kabupaten Muara Selasa 28/11/2023 berunjuk rasa di depan pintu Masuk Pt. R6B menuntut Pihak perusahaan R6B, Supaya mengembalikan Wilayah Suka Dana, serta Plasma agar di rubah dari atas nama pribadi menjadi atas Desa, Warga juga mempertanyakan peraturan yang ada di PT ernando mengenai CSR mulai dari tahun 2016 sampai saat ini belum ada diberikan kepada masyarakat Suka dana.

"Perusahaan yang mengelola perkebunan kelapa sawit dan pabrik kelapa sawit ini tidak memberikan kontribusi apapun kepada masyarakat Suka Dana" kata seorang warga Desa ikut dalam Aksi Demo.

Di tengah-tengah Aksi masyarakat Suka dana yang melakukan demo, Turut Hadir salah satu Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Mukarto Memberihkan Himbauan kepada ada pekerja yang sedang melakukan aksi demo agar tidak melakukan perbuatan melanggar hukum dan Jangan melakukan anarkis kalau silakan kalau untuk menyampaikan aspirasi hak-hak masyarakat yang penting tetap menjaga keamanan dan ketertiban Jangan melakukan yang akan merugikan diri sendiri.

" kita sebagai warga negara Indonesia memang punya hak untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat yang penting tetap menjaga keamanan dan jangan sampai melakukan perbuatan melanggar hukum silakan menyampaikan aspirasi yang menjadi keluhan selama ini, "Ujar Mukarto.


Walaupun berjalan alot dan ada insiden sedikit ada salah satu warga yang dalam ikut aksi demo terbakar dan saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit Umum Prabumulih yang aksi demo tersebut berjalan lancar dan aman dan menemukan titik terang pihak PT, R6B. Akan berjanji pada tanggal 7 Desember 2023 akan menemui perwakilan masyarakat di kantor camat Sungai Rotan.

Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Toni Arman, SH, mewakili Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH, memimpin  pengamanan aksi demo menegaskan dan menghimbau pihak kepolisian Berada di posisi tengah-tengah semua ada kewajiban polisi amankan baik pihak masyarakat maupun pihak PT agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau jangan sampai aksi demo melakukan pelanggaran hukum.

"Hari ini kami dari polres Muara Enim langsung  dari Kabag of , mengamankan aksi unjuk rasa dari warga desa Sukadana tuntutan ke R6B kehadiran kami jelas untuk mengawal agar aksi yang merupakan kewajiban atau pun hak dari warga terlindungi kemudian memastikan tidak anarkis tidak juga di tunggangi oleh oknum provokator , selanjutnya kami di lapangan menjadi fasilitator komunikasi kan baik dari pihak masyarakat maupun R6B, Alhamdulillah, insyaallah hari kamis  tgl 07 Desember, bertempat di kantor camat dari pihak R6B akan hadir langsung untuk membuat keputusan  dan ini di terima oleh warga Alhamdulillah ya, mudah mudahan nanti terlaksana  sesuai dengan rencana," Ujarnya

Kompol Toni Arman, SH, Himbauan kami kepada warga  maupun pihak eksternal dan internal dari R6B agar sama sama menahan diri  menjaga kondusifitas di R6B maupun di desa Suka dana secara umum di kecamatan sungai rotan.
Reporter | Andri Kuriawan.