Pj. Bupati Optimalkan Serapan Anggaran Belanja Daerah Untuk Turunkan Stunting dan Kemiskinan

Muara Enim | Sebagai upaya mendukung percepatan pencegahan penurunan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak dan pengentasan kemiskinan ekstrem, Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., mengoptimalkan serapan anggaran belanja daerah tahun 2023 yang telah terealisasi sebesar Rp.1,8 triliun atau masih 48% melalui berbagai program kegiatan percepatan penurunan stunting serta pemberian bantuan sosial masyarakat. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati saat melakukan audiensi bersama Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si., di Griya Agung Palembang, Senin (16/10).

Dalam konsolidasi ini, Pj. Bupati yang hadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Emran Tabrani, M.Si., Plt. Asisten Administrasi dan Umum, M. Tarmizi Ismail, S.E., M.Si., beserta kepala OPD terkait juga melaporkan beberapa kondisi terkini terkait isu penting ataupun persoalan yang terjadi. Adapun diantaranya seperti penambahan jumlah pembangunan jalan layang disetiap titik perlintasan kereta api, pembenahan administrasi pemerintahan baik personalia maupun kelembagaan, pengendalian inflasi dengan menggelar operasi pasar murah, serapan belanja daerah yang masih belum maksimal, penanggulangan Karhutla serta kesiapan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 mendatang.
.
Sementara itu Pj. Gubernur yang hadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Edward Candra, M.H., merespon baik maksud dan tujuan yang disampaikan Pj. Bupati dan mengupas satu persatu usulan dan isu-isu strategis yang disampaikan. Selain itu dirinya juga menghimbau agar pemerintah daerah dapat memberikan fokus terhadap penurunan angka stunting serta pengentasan kemiskinan ekstrem. Dirinya menegaskan agar dapat memaksimalkan penggunaan anggaran untuk mendukung pencapaian target prevalensi stunting dan upaya pengentasan kemiskinan ekstrem dengan efektif dan tepat sasaran. [prokopim-me]
.
Reporter l Umar Dani