Pj. Bupati Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

MUARA ENIM | Dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kementerian Dalam Negeri RI, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral dengan agenda pembahasan pengendalian inflasi di daerah tahun 2023 secara daring dari Ruang Rapat Serasan Sekundang, Senin (09/10). Pada rapat yang digelar setiap minggunya ini bertujuan untuk menyiapkan sekaligus memetakan langkah konkret pemerintah dalam pengendalian inflasi dan upaya menekan inflasi daerah. 

Didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. Yulius, M.Si., Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H. Hermin Eko Purwanto, S.T., M.T., Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Riswandar, S.H., M.H., beserta para Kepala OPD, Pj. Bupati menyimak beberapa arahan Mendagri terkait upaya pemerintah dalam pengendalian inflasi antara lain melakukan optimalisasi dana dekonsentrasi. Selain itu pemerintah di daerah juga diminta untuk tetap fokus memberikan perhatiannya terhadap angka inflasi nasional yang terus menunjukkan penurunan dari September 2022 hingga September 2023 yakni sebesar 2,28 % dari 5,95 % angka nasional. 
.
Menindaklanjuti hal itu Pj. Bupati berkomitmen akan terus melakukan pemantauan terhadap angka inflasi daerah serta akan melakukan koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab. Muara Enim untuk melaksanakan kebijakan yang disarankan oleh pemerintah pusat. Kegiatan-pun dilanjutkan dengan pemaparan oleh pimpinan kementerian dan lembaga diantaranya, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI, Dr. Pudji Ismartini M.App.Stat., Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan RI, Bambang Wisnubroto, S.E., M.M., Plt. Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional, Dr. Sarwo Edhy, S.P., M.M. [prokopim-me]
.
Reporter l Umar Dani