Pangdam II / Sriwijaya Resmikan Rehab RTLH, BESEMAH ( Pembangunan WC Umum, TNI Manunggal Air ) Dan Pembagian Sembako dalam rangka HUT TNI - 78

Muara Enim | Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 78 dan pelaksanaan beberapa kegiatan salah satunya dengan peresmian rumah tidak layak huni dan peresmian pembangunan WC umum dengan teknik Bio Filter, Pangdam II /dil Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil dengan didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD II / Sriwijaya di desa Tapus kecamatan Lembak kabupaten muara enim, Sumatera Selatan (10/10/2023)

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II / Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil menyampaikan apreasiasi atas peran aktif dari masyarakat Sumatera Selatan dalam rangka HUT TNI ke 78 dan juga kepada pemerintah kabupaten muara enim atas jalinan sinergitas TNI Polri yang telah terjalin dengan baik

"Alhamdulillah atas terlaksananya kegiatan peresmian  RTLH dan beberapa kegiatan lainnya dalam rangka HUT TNI ke 78. Dan juga apreasiasi atas terjalinnya sinergitas TNI Polri dan kemitraan dengan pemerintah daerah dengan bersama sama menyukseskan program pembangunan kabupaten muara enim, "Jelas Pangdam Yanuar Adil.

Lebih jauh dijelaskan , Peran aktif masyarakat sumatera selatan dalam situasi dan teknis penanganan Karhutlah di beberapa daerah.

"Masyarakat Sumsel lebih terdidik atas pola penanganan dan antisipasi tingkat kerawanan Karhutlah namun meskipun demikian saya tetap menghimbau pada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara membakar," Tegas Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Korem 044 / Garuda Dempo, Brigjend TNI Naudy Nurdika , menjelaskan pencapaian beberapa program kegiatan.

"Alhamdulillah, Muara Enim luar biasa
Cuaca cerah mengawali Besemah
Program yang diluncurkan Korem 044 / Garuda Dempo dan jajarannya guna mengusung program bersih Sehat dan ramah lingkungan," Papar Danrem Naudy.

Salah satu program inovasi yang telah dicapai adalah teknik pembangunan WC umum dengan menggunakan tank septic bio filter, program dan dukungan pengentasan stunting, akses penyediaan air bersih dan program hidup sehat sebagai implementasi program manunggal air dari Kepala staf TNI AD.

"Bahwa tugas TNI yang terus dan akan dilakukan sebagai pendukung tugas pokok pemerintah daerah serta dukungan program kemajuan pemerintah daerah kabupaten muara enim, "Jelas Danrem Naudy Nurdika .

Sementara itu Pj Bupati Muara Enim , Ahmad Rizadi menyebutkan peta demografi kabupaten muara enim dan dukungan problem solving masyarakat dan pemerintah termasuk program kemitraan yang positif dan harus dipertahankan.

"Kabupaten muara enim merupakan bagian dari sekitar 10 persen dari luas Sumatera Selatan secara umum, Oleh karenanya salah satu indikator terjaminnya pelaksanaan kegiatan dan progres pembangunan adalah terjalinnya dengan baik pemerintah kabupaten termasuk sinergitas TNI Polri dan secara bersama sama menyukseskan program pembangunan Kabupaten Muara Enim, "Sebut Pj Bupati Ahmad Rizali.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan peresmian bedah rumah dan kunjungan pangdam ke rumah salah satu warga desa tapus.

Dalam kesempatan tersebut, Irsad (29) warga desa tapus kecamatan Lembak dengan perasaan haru dialog langsung dengan Pangdam Yanuar Adil dan istri.


"Tetap sabar dan senantiasa berusaha pak , Pak Bupati juga pasti memikirkan rakyatnya dan utamanya warga kabupaten Muara Enim, "Semangat Pangdam Yanuar Adil kepada Irsad.


"Terima kasih bapak panglima atas kunjungan ke rumah kami dan juga kami ucapkan selamat ulang tahun TNI ke 78 ,"Sebut Irsad sembari menyampaikan ungkapan rasa terima kasih atas perhatian dari jajaran Kodam II / Sriwijaya.

Dalam kegiatan tersebut, "Pangdam II / Sriwijaya didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD II Sriwijaya, Komandan Korem 044 / Garuda Dempo , Brigjen Naudy Nurdika , Asisten Kodam II / Sriwijaya, Komandan Kodim 0404 /Muara Enim, Letkol Arh Rimba Anwar SIP MIP, Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi SH SIK MH, Wakil ketua DPRD kabupaten muara enim, Hadiyono SH, Asisten Emran Thabrani, Kabag umum dan pelengkapan, Heri Dadi, Danramil 404 - 01 Gelumbang, Kapten Abdullah, Kapolsek Lembak, AKP Jonson, Kapolsek Sukarame, Iptu Syamsuharto, Kapolsek Gelumbang, AKP Robby Monodinata SH, Beberapa kepala dinas dan OPD, Camat Lembak, Kepala desa di kecamatan Lembak serta warga masyarakat desa Tapus kecamatan Lembak kabupaten muara enim Sumatera Selatan.

Liputan | Umar Dani.