Kebakaran lahan kebun di Desa Lembak, timbulkan asap tebal

Muara Enim- Petugas pemadam kebakaran dari PT Sele Raya Belida (SRB) Kabupaten Muara enim Provinsi Sumatra Selatan berusaha memadamkan kebakaran lahan di Desa lembak Kecamatan Lembak tepatnya di depan wisata Danau Shuji, Rabu (13/9/2023). Petugas masih berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi

Kebakaran lahan kebun ini diduga disebabkan oleh oknum yang belum diketahui membakar sampah disekitar lahan. Sampai dengan saat ini warga masyarakat bersama Aparat Kepolisian Polsek Lembak dan Support dari PT. SRB menurunkan mobil kebakaran untuk memadamkan api agar tidak menyebar ke lahan lainnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, Edo salah satu aktivis Gelumbang Raya sangat menyayangkan atas terjadinya peristiwa ini, di mana disaat musim kemarau masih ada saja oknum yang membakar sampah tanpa pengawasan, membuang puntung rokok di lahan kering. Padahal himbauan baik dari Pemerintah maupun APH sudah disosialisasikan. Saat ini keadaan hutan dan lahan sangat kering yang sangat mudah sekali menjadi pebyebab kebakaran hutan maupun lahan. 

Ketua BPD Desa Lembak membenarkan kejadian periatiwa ini. Mengingatkan kembali kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok Sembarangan di wilayah hutan atau kebun, serta memantau saat membakar sampah jangan sampai ditinggalkan disaat api masih menyala. Namun lebih baik agar membakar sampah disaat musim kemarau ini tidak dilakukan".Tutupnya.
Liputan : Umar Dani.