Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Sumatera Selatan , Bahas Rencana Pembangunan Kantor Defenitif UPTB Muara Enim Di Gelumbang

Sultanmudatv.com / MUARA ENIM.
Kunjungan kerja komisi III DPRD Provinsi sumatera selatan pada UPTB Samsat Muara Enim II di Gelumbang . 
Dalam kunjungan kerja dan rapat yang diketuai oleh Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan , Yansuri dan anggota komisi dengan kepala UPTB Samsat Muara Enim II  , Agus Firmansyah .
Dalam agenda rapat tersebut dibahas tentang kiat peningkatan pajak perusahaan di wilayah Gelumbang , Pajak kendaraan bermotor dan juga rencana pembangunan kantor defenitif Samsat UPTB Muara Enim II
Beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh anggota komisi III DPRD Sumatera Selatan diantaranya mengenai legalitas dan kesempurnaan administrasi dan surat tanah yang rencananya berada di lokasi samping KUD kelurahan Gelumbang kabupaten muara Enim Sumatera Selatan .
" Belajar pengalaman dari daerah kabupaten OKU II Peninjauan sehubungan dengan kesiapan dan data administrasi atas kesiapan lahan  ," Saran Tina Malinda SE Msi , Anggota komisi III DPRD Sumatera Selatan , ketika memberikan paparannya .

UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah muara Enim II
Yang dibentuk berdasarkan Pergub No 12 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Pergub no 21 tahun 2018 tentang pembentukan uraian tugas dan fungsi unit pelaksana teknis badan di lingkungan Badan pendapatan daerah provinsi Sumatera Selatan .
Wilayah kerja UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah muara Enim II meliputi
1. Kecamatan Gelumbang
2.Kecamatan Lembak
3. Kecamatan Kelekar
4. Kecamatan Sungai Rotan
5. Kecamatan Lubai
6. Kecamatan Lubai Ulu
7. Kecamatan Rambang
8. Kecamatan Belida Darat
9. Kecamatan Muara Belida

Adapun jenis pelayanan meliputi pengesahan ulang pajak tahunan , Pengesahan ulang pajak lima tahunan , pendaftaran baru ( BBN - I ) , Ganti kepemilikan ( BBN - II ) , mutasi masuk , mutasi keluar , Duplikat STNK , Rubah bentuk,rubah fungsi dan ganti warna. .

Meskipun terbilang baru terbentuk , UPTB wilayah muara enim II ,telah menuai prestasi dan pencapaian dalam realisasi tahun 2020 dan 2021 . Termasuk capaian realisasi PKB dan BBNKB wilayah muara Enim II sebagai overr target . Sebagai ilustrasi , Dari PKB dengan target sebesar Rp .7.500 .000.000 menjadi realisasi Rp 8.339.331.375 .atau overtarget sebesar 111,19 persen . Dan BBN KB dari target Rp.2.426.000.000 menjadi realisasi sebesar Rp .2.797.928.375 atau over target sebesar 115,33 persen .
Sedangkan PAP dari target Rp 41.100.000 menjadi realisasi Rp 54.506.280 atau overtarget sebesar 132,62 persen . Secara akumulatif ,hasil capaian di tahun 2021 penerimaan sampai dengan 32 Desember 2021 pada Objek PKB , BBN KB dan PAP terjadi akumulasi over target sebesar 126 , 77 persen . Data yang diterima awak media menyebutkan , Jumlah kendaraan yang menjadi objek pajak dalam wilayah kerja UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah muara Enim II sebanyak 52.234 unit yang terdiri dari roda dua sebanyak 47.615 dan roda empat 4.709 unit .


Namun demikian ,kendala tetap ada mengingat kondisi situasional kantor UPTB wilayah muara Enim II . 

"Meskipun atas capaian realisasi tahun berjalan namun UPTB muara enim II tentunya dengan kendala yang dihadapi pada saat ini , Diantaranya kurangnya jumlah personel ASN , Listrik yang tidak stabil di wilayah Gelumbang dan belum tersedianya alat pencetak plat Nopol ," Sebut Agus Firmansyah ,SE , seraya mengucapkan terima kasih atas kedatangan anggota komisi III DPRD Sumatera Selatan pada kantor UPTB wilayah pengelolaan pendapatan daerah wilayah muara enim II di Gelumbang .
Liputan:Marsidi.