PESTA DURIAN DALAM HARI JADI KABUPATEN SUKABUMI KE-153

Sukabumi_ Masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 153 ,Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Festival Durian Lokal Unggulan Kecamatan Cikidang tahun 2023 yang digelar di Caldera River Resort, Desa Cijambe Cikidang, Sukabumi,Jawa Barat,Sabtu (23/9/2023).

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Forkopimda Kab. Sukabumi, Sekretaris Daerah, kepala perangkat daerah kab. Sukabumi serta undangan lainnya,dan
Festival Durian tersebut dimeriahkan dengan kontes durian, bazar durian dan bazar UMKM kec. Cikidang. Panitia pun menyiapkan durian yang akan dibagikan dan dimakan bersama masyarakat secara gratis.

Camat Cikidang ,Hasanudin menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Festival durian ini bertujuan untuk mendorong dan mempromosikan potensi pertanian khususnya Durian yang ada di kecamatan Cikidang.

” Acara ini merupakan bentuk rasa syukur para petani di wilayah cikidang khususnya petani durian atas limpahan panen durian yang melimpah sekaligus untuk memperkenalkan durian cikidang ke masyarakat luas” Ujarnya.

Sementara itu, menurut Bupati Sukabumi Drs.H.Marwan Hamami.MM dalam sambutannya mengatakan bahwa festival durian seperti ini sangat baik untuk mempromosikan potensi pertanian khususnya pertanian durian yang ada diwilayah

” Kenapa festival ini dilaksanakan karena untuk mendorong potensi durian yang ada disini sehingga masyarakat mengetahui bahwa di cikidang juga ada durian bukan hanya di wilayah kecamatan Cikakak maupun di Parungkuda saja,” Jelasnya.

Bupati pun akan terus mendorong kegiatan yang bisa memperkenalkan potensi pertanian yang ada di kabupaten sukabumi.

” Kegiatan sepeti ini, mau festival durian, Manggis maupun hasil pertanian yang ada di Kab. Sukabumi harus kita dukung dan kita dorong karena untuk memajukan pertanian di kab. Sukabumi” Terangnya

Bupati pun berharap selain dijual bijian, durian pun harus diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan.

” Mudah-mudahan dengan melimpahnya pertanian durian di cikidang ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya dan durian itu harus juga diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan supaya bisa menjadi oleh-oleh khas cikidang” Pungkasnya.

Reporter : komarudin septian.