KEGIATAN POSYANDU BALITA, LANSIA DESA MIDAR KECAMATAN GELUMBANG

GELUMBANG_Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu merupakan wadah kegiatan masyarakat yang mana terdapat pelayanan kesehatan masyarakat serta kegiatan lainnya. Tak hanya bidang kesehatan, bidang ekonomi dan bidang yang berkaitan lainnya juga dalam kegiatan posyandu. Desa Midar  Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, menerapkan hal tersebut, minimal terdapat aspek kesehatan kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu merupakan bentuk dari pemberdayaan masyarakat utamanya ibu-ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.


Bidan Desa Eka Novitawati ,Am.keb, Saat di jumpai awak, Media, Mengatakan Kegitan posyandu, Desa Midar antara lain pendaftaran, untuk penimbangan dan pengukuran balita, pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran. adalah penyuluhan dan pelayanan gizi bagi ibu balita, pelayanan kesehatan, untuk masyarakat desa midar."Ucap Bidan Eka.

Lanjut kata, Bidan Desa Eka Novitawati ,Am.keb, "Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk UKBM ( Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) yang dikelola dan diselengarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta menekan angka penurunan stunting  dan gizi.

Posyandu Balita dengan Kader BKB melakukan kegiatan penyuluhan kepada para Ibu Balita,mengukur berat dan tinggi Balita, memberikan imunisasi kepada Balita berupa vaksin, serta memberikan imunisasi kepada para Ibu Hamil dan juga memantau tumbuh kembang Balita Setiap bulannya. Untuk Posyandu Lansia melakukan kegiatan dengan memeriksa para Lansia seperti mengukur tekanan darah,tinggi badan dan berat badan,serta mencatat keluhan- keluhan yang di derita oleh para Lansia,selain itu para Lansia juga di ajak oleh Petugas melakukan Senam Lansia untuk meregangkan  Otot-otot, Kami juga melakukan kunjungan ke rumah rumah. Bagi yang tidak bisa datang ke posyandu"Ujarnya.

Liputan. Dedi Andani.
Editor. Lea Candra