Danramil 404-03/Tlb menghadiri giat Karnaval di Kab Pali.

Sultanmudatv.com | Pali.
Karnaval adalah arak-arakan atau pawai yang dilakukan untuk merayakan suatu peristiwa. Biasanya para peserta karnaval mengenakan dandanan menarik dan bermacam corak menarik dari perayaan yang dirayakan itu. Seperti karnaval dalam rangka memperingati HUT RI Ke 77 yang dilaksanakan di Kab.Pali Kamis (18/8/2022)

Karnaval 17-an merupakan salah satu kegiatan peringatan HUT RI yang paling ditunggu warga. Hal ini terlihat dari antusiasme warga yang telah memadati jalur karnaval bahkan sebelum karnaval dimulai. Warga kab.Pali  menyaksikan dengan bergerombol, baik dengan teman, keluarga atau tetangga.

Karnaval 17-an menjadi acara yang ditunggu karena si samping baru pertama kali setelah pandemi Covid serta para peserta karnaval menggunakan kostum unik yang mencerminkan kehidupan sehari-hari warga, tren yang sedang berlangsung  
Selain itu, beberapa dari peserta karnaval memakai toga (baju wisuda) dengan tulisan di dada “calon Sarjana”. Dan pakaian adat seluruh Nusantara menandaka persatuan dan kesataun

Pada Kesempatannya Danramil 404-03/Talang Ubi Kapten Arm Broto Santoso menyampaiakan "Kegiatan karnaval ini yang di ikuti siswa mulai dari Paud sampai dengan tingkat lanjutan sangat bersemangat walaupun saat ini terik matahari mulai meninggi. Dan seperti yang telah disebutkan di atas. Lebih dari itu, karnaval lebih banyak mengandung unsur hiburan". Kesenian seperti Dan band anak anak sekolah pencak silat dan kuda lumping lengkap dengan orkesnya ikut berkeliling,di ikuti juga pawai mobil hias sehingga menghibur para penonton. Untuk bela diri Pancak silat mempertontonkan ilmu dan jurus dari padepokan masing-masing.

Keberagaman masyarakat Indonesia sebisa mungkin dicerminkan saat karnaval. Berbagai hasil bumi dan makanan khas masing-masing desa pun ikut dibawa berkeliling. Seperti anak anak paut membawa buah buahan hasil dari tanaman di sekitar Talang Ubi, dan sebagain yang berkeliling sambil membawa opak, rengginang, kacang.piyek  dan berbagai hasil bumi lainnya. 

Selain membawa 
kemeriahan dan memperkenalkan kearifan masing-masing desa, karnaval 17-an seperti ini menunjukkan akan persatuan dan kesatuan bangsa lIndonesia. Semua kostum dan konsep para peserta karnaval tidak akan terwujud tanpa adanya kekompakan antar warga. Kendaraan yang dihias serta atribut karnaval tidak akan selesai tanpa ada gotong royong dari para anggota masyarakat.
Di bawah pimpinan pelda Karyanto Batuud Koramil sebagai penilai kegiatan Karnaval tersebut.

Maka karnaval tidak hanya sekedar hiburan. Tidak hanya sekedar acara peringatan HUT RI. Tetapi juga memperkenalkan potensi Desa masing masing dan turut serta dari masing masing dinas Instasi.Bts(2910).
Liputan : Lea Candra.