Babinsa 404-03/Talang Ubi turut serta dalam pembekalan Bela Negara

Sultanmudatv.com | PALI
Pematang Abab Lematang Ilir, Babinsa Koramil 1207-03/Talang Ubi Kodim 0404/Muara Enim Serma Umar Jaya, memberikan pembekalan Bela Negara kepada para siswa siswi baru tahun ajaran 2022 Sekolah Menengah Kejuruam (SMK) YPIP, kelurahan Talang Ubi, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali,Minggu  (17/07/2022).

Dalam kegiatan ini, Babinsa Koramil 404-03/Talang Ubi Serma Umar Jaya memberikan pembekalan Bela Negara kepada para siswa siswi baru Kelas X SMK YPIP, tentang semangat dan motivasi untuk belajar lebih maksimal, sehingga kedepannya, para siswa Siswi tersebut menjadi pemuda pemudi harapan Bangsa yang tangguh dan beriman kepada Tuhan YME.

“Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu Negara tentang Patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu Negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi Negara tersebut,” ucap Sermq Umar Jaya

Ia juga memberikan arahan tentang sejarah berdirinya Negara ini yang penuh perjuangan para Pahlawan yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda.

“Jadi jika dibandingkan dengan jaman sekarang yang bisa kita lakukan adalah dengan mengisi kemerdekaan yaitu sebagai seorang siswa dan siswi yaitu dengan membekali diri ilmu pengetahuan dan kemampuan diri serta dengan berbuat demi kebaikan menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Dan jika ingin berperan serta dalam Bela Negara melalui profesi sebagai prajurit TNI bagi yang berminat bisa mendaftar menjadi TNI setelah lulus nanti,dan dapat menanyakan ke Koramil terdekat” Ujarnya.

Sementara itu, Danramil 404-03/Talang Ubi Kapten Arm Broto Santoso menjelaskan bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Peran penting Bela Negara untuk menanamkan rasa kepedulian kepada para generasi muda khususnya para siswa siswi untuk lebih mencintai Tanah Air, sebagai generasi muda tentunya masa depan Bangsa ini berada di pundak para generasi muda semuanya,” terangnya

Dijelaskannya, Sesuai arahan dari Komando Atas, Komandan Kodim Letnan Kolonel Arh Rimba Anwar, S.I.P. telah memberikan petunjuk kepada para Danramil jajaran untuk memerintahkan Babinsa agar memberikan pembekalan dan pemahaman kepada para generasi muda tentang sejarah dan menumbuhkan rasa cinta kepada Tanah Air, Bangsa dan Negara Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pembekalan bagi para generasi muda penerus Bangsa bahwa generasi muda agar mengerti dan memahami bagaimana bersikap dalam hal Bela Negara dan pentingnya suatu sikap kecintaan terhadap Tanah Air.

“Sebagai aparat teritorial, Babinsa merupakan ujung tombak Satuan Teritorial yang berada langsung di tengah masyarakat diharapkan dapat mengurangi Permasalahan pemuda yang sudah dalam taraf darurat Narkoba dan dapat menjadi panutan masyarakat yang ada di wilayah binaannya dengan selalu berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang 1945,” katanya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK YPIP Talang Uni menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Koramil 404-03/Talang Ubi dan Babinsa khususnya yang telah memberikan pembekalan dan pemahaman kepada generasi muda terutama kepada para siswa siswi SMK YPIP Talang Ubi sehingga para siswa siswi dapat memahami tentang Bela Negara.

“Pendidikan Bela Negara sangat penting dan sangat bermanfaat kepada para siswa siswi, hal tersebut guna menghindari para siswa siswi untuk tidak terpengaruh terhadap hal-hal yang saat sekarang beredar di media sosial tentang opini-opini yang bisa melemahkan rasa cinta Tanah Air,” ucapnya.Bts(291)