Babinsa Koramil 404-03/Talang Ubi Sosialisasi Pencegahan Karhutla

Sultanmudatv.com | Pali.
Untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Babinsa Koramil 404-03/Talang Ubi Sertu Mulyadi memberikan sosialisasi tentang larangan membakar lahan dan hutan kepada masyarakat Desa Karang Tanding kecamatan Penukal Utara, Sabtu (11/00/2022).
Babinsa Sertu Mulyadi dalam kesempatan tersebut menghimbau warga khususnya para petani kebun untuk bersama-sama melakukan antisipasi dan mencegah terjadinya karhutla.

Dalam melaksanakan sosialisasi karhutla Babinsa Sertu Mulyadi juga melaksanakan Patroli terpadu bersama Manggala Agni Sumatra XVI/Lahat.
Tiem terpadu terdiri dari BPK.M.Adhan ketua Tim Manggala Agni,Novri,Bribtu M.Redho serta Abadi Masyarakat sekitar desa tersebut.

Kegitan sosialisasi karhutla yang pada intinya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan baik di areal perkebunan milik BUMD maupun BUMS serta kebun warga,dalam kebun juga ada kebun produktif dan kebun tidak produktif.

Tiem Patroli Terpadu Maggala Agni terus melakukan sosialisasi terutama bagi masyarakat yang hendak membuka lahan baru yg untuk bercocok tanam untuk melakukan pembersihan atau membuka lahan dengan cara tidak membakar (panduk)

Dan Sertu Mulyadi Selaku Babinsa,mengatakan "kita tak berhenti himbauan masyarakat desa tentang bahaya Karhutla, khususnya yang ingin membuka lahan untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan dengan alasan apapun,” ujarnya

Ia juga berpesan kepada masyarakat, jika ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan kepada aparat pemerintahan desa serta Babinsa atau Babinkamtibmas

“Jangan ragu untuk melaporkan, bila ada suatu kejadian di wilayah kepada kita atau aparat desa lainnya agar cepat diambil langkah untuk mengatasinya, karena Desa  pada  karang Tanding saat ini berada pada level sedang,hal ini di dukung dari hasil uji remas serasa bahan bakar lembab," pungkasnya.

Tiem juga melakukan Patroli pemantauan areal hutan dan lahan di sekitar wilayah desa Karang Tanding kec.Penukal Utara untuk antisipasi kebakaran hutan dan mencari titik titik air sebagai cadangan untuk mengambil air jika terjadi kebakaran hutan.
Liputan : Lea Candra.