Tersangka Begal Cahaya Makmur Oki, ini orangnya

Palembang, sultanmudatv.com - Tersangka perampokkan yang mengakibatkan korbannya Budi Satmoko meninggal dunia, di Desa Cahaya Makmur, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (28/1/2022) sekitar pukul 06.30 WIB, berhasil ditangkap anggota unit 3 Jatanras Polda Sumsel. Peristiwa ini sempat viral di medsos beberapa waktu yang lalu.

Hasanedy alias Edy Saputra warga Mesuji Makmur,OKI berhasil ditangkap anggota di Jakarta Selatan. Usai beraksi Edy, kabur ke Banten kemudian lanjut ke Jakarta Selatan. 

Dirkrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Anwar Reksowidjojo mengatakan tersangka Edy ini beraksi bersama Afdian alias Riyan alias Yan. Yang mana tersangka Riyan sudah tewas tertembak di Desa Pemutung Basuki, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, saat ditangkap Polda Lampung , karena tersangka juga terlibat kasus perampokan pegawai BRI Link, dimana korban tewas di tembak. 

"Tersangka Edy ini saat beraksi bertugas membawa sepeda motor dan yang menjual sepeda motor korbannya. Sedangkan Riyan tugasnya yang mengeksekusi korban. Nah, tersangka Riyan ini sudah tewas tertembak di kepalanya," ujarnya



Menurutnya, kedua tersangka melakukan perampokan saat korban bersama istri dan anaknya hendak pergi ke Martapura, OKU Timur mengantarakan berkas CPNS sang istri. Waktu diperjalanan tepatnya di TKP korban diikuti oleh tersangka. Korban yang curiga lalu balik kanan dan sempat terjadi cek cok mulut dan tersangka Riyan menembak korban di bagian bahu tembus ke bagian paru korban, yang mengakibatkan korban meninggal dunia. 

"Usai kejadian kedua tersangka kabur dan menjual sepeda motor korban. Dari pengakuan Edy, ia mendapat uang Rp1.5 juta," ujarnya. 

Atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 365 ayat 4 dengan ancaman mati atau seumur hidup. 

Sementara itu, Edy mengaku ia hanya ikut dengan Riyan yang merencanakan adalah Riyan. " Saya bertugas membawa sepeda motor yang eksekusi Riyan dan yang punya pistol itu juga Riyan," ujarnya. 

Diakui Edy, usai kejadian ia langsung kabur ke Jakarta dan bekerja disana sebagai sales.Uang Rp1.5 juta digunakan untuk membayar hutang. 

"Saya bekerja sebagai sales selama lima hari," ujarnya
Reporter (Jimmy)
Editor (Lea Candra)