Membentuk jalinan persatuan melalui Lembaga sosial masyarakat

Pelembang-SULTANMUDATV.COM
Membentuk dan memelihara persatuan masyarakat yang beragam secara etnis dan budaya tentunya bukan persoalan yang gampang. 

Persatuan harus mampu menciptakan iklim kondusif untuk meningkatkan ataupun meringankan beban masyarakat disaat mengalami musibah. 

Saat ini musibah banjir sedang melanda di kota ataupun Kabupaten di berbagai pelosok tanah air, yang telah memakan korban baik harta ataupun jiwa. Sehingga menyebabkan Perekonomian masyarakat semakin terpuruk. 

 
Lebih lanjut, disaat pandemi covid 19 melanda dan bencana alam yang terjadi menambah beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi menjadi lebih terpuruk sehingga angka kemiskinan semakin bertambah. 

Berbagai upaya dari pemerintah baik pusat maupun daerah dengan menyalurkan berbagai bantuan sosial, diantaranya : PKH, BST, ataupun BLT dan masih banyak program bantuan lainnya telah digelontorkan kepada masyarakat.

 Namun ada hal yang sedikit menarik perhatian. Budaya yang ada ditengah tengah masyarakat kita, yaitu Persatuan amal kematian, yang di bentuk oleh para tokoh masyarakat yang Aktip yang menggalang dana dari masyarakat untuk masyarakat yang mengalami musibah kematian dalam keluarga. 

Hal ini sangat membantu keluarga yang terkena musibah, mengingat kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari perlengkapan kain jenazah, dan lainnya hingga operasional penguburan.

 
Lembaga sosial masyarakat seperti ini sudah ada dari sejak dulu, salah satunya kegiatan sosial di Kelurahan silaberanti yang dibentuk sejak tgl.3 - 4 - 2017
Bpk.Edi yanto Muslah,sebagai ketua persatuan amal kematian Barokah di kelurahan silaberanti, " kegiatan ini atas kerja sama masyarakat dan untuk masyarakat terangnya..

Lembaga sosial ini dibentuk dengan tujuan selain menjalin hubungan silaturahmi antar masyarakat juga memberikan santunan terhadap anggota yang mengalami musibah meninggal dunia sebesar Rp.1.000.000 (satu juta rupiah)

Lanjutnya, keanggotaan PAKB Ini bersifat terbuka siapa saja boleh bergabung, yakni anggota masyarakat khususnya di kel.silaberanti sekarang ini yang sudah terdaftar anggota dari Rt, 29,30,28,dan 40 hingga saat ini jumlah anggota terdaftar sebagai peserta aktiv berjumlah 160 orang . 

Anggota PAKB yang terdaftar sebagai peserta aktif memiliki kewajiban dan hak yang melekat baik terhadap dirinya dan/keluarganya. 

Kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi Anggota PAKB adalah:
Yang sudah di rumuskan dalam AD/ART
Antara lain membayar iuran bulanan sebesar Rp. 10.000.-, melampirkan kartu keluarga (KK) paspoto 3X4 untuk KTA.meluangkan waktu untuk melayat dan takziah apabila terdapat anggota PAKB dan/atau keluarganya mengalami musibah kematian.

Hari ini, Kamis 25 Februari 2021. Kita baru saja menyerahkan santunan di rumah duka Bpk. Yanto, atas meninggal anaknya M. Yogi. Diserahkan langsung secara simbolis oleh ketua Yayasan Masjid Al Ikhlas Pisabiila Mukarom,. Semoga (Alm) Husnul khotimah di lapangkan kuburnya di ampuni segala dosa-dosanya dan tempatkan di sisi Allah SWT.
Amin ya rabbal alamin"Jelasnya.
(Jimmy)